Tuesday, April 20, 2010

Virus Masuk dari Aplikasi Pengolah Kata


Ichitaro 2009 dan 2010 merupakan aplikasi pengolah kata yang populer di Jepang. Aplikasi ini menempati peringkat kedua setelah Microsoft Word dari sisi pangsa pasar.

Sayangnya, popularitas tersebut telah disalahgunakan oleh penjahat dunia maya dengan pengguna aplikasi ini dijadikan sasaran serangan mereka.

Caranya, saat file dibuka, tampak pertama adalah template resume/CV dalam Bahasa Jepang.

“Penyerang itu mungkin berharap orang yang membuka dokumen akan berpikir dokumen tersebut adalah resume/CV yang dikirim kepada mereka secara tidak sengaja,” sebut Symantec. “Namun, file tersebut sebenarnya mengunduh tiga file berbahaya secara diam-diam.”

Salah satu file akan membuka celah keamanan di komputer dan terhubung ke situs web berbahaya yang memungkinkan penjahat cyber tersebut mengunduh dan mengakses file-file dari jarak jauh.

Meskipun Symantec mengamati hanya satu serangan, hal ini menjadi contoh lain cara para penjahat cyber menargetkan orang-orang dan mengecoh mereka untuk menginstal file berbahaya pada komputer mereka dan membuka peluang untuk pencurian identitas dan kejahatan lainnya.

Dari laporan Symantec 2010 State of Enterprise Security Report, perusahaan skala enterprise mengalami serangan berkali-kali dan keamanan perusahaan kekurangan staf sehingga situasi menjadi semakin sulit.

Untuk tetap terlindungi dari serangan-serangan tersebut, perusahaan skala enterprise dan pengguna komputer harus memastikan sistem operasi dan aplikasi terupdate dengan patch terbaru. Pengguna juga perlu berhati-hati dan jangan membuka lampiran email mencurigakan atau lampiran yang tidak diharapkan.

Selain itu, menggunakan solusi keamanan lengkap yang melindungi terhadap berbagai ancaman saat ini, serta ancaman yang tidak diketahui juga sangat disarankan.

Artikel Terkait



1 comment:

Followers